Apa itu Penyimpangan Sosial? Inilah Pengertiannya, Lengkap dengan Penyebab dan Bentuk-bentuknya

Simak pengertian, penyebab, dan bentuk bentuk penyimpangan sosial di dalam artikel ini. Penyimpangan adalah tindakan atau perilaku yang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang dianut dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Penyimpangan terhadap nilai dan norma dalam masyarakat disebut dengan deviasi.

Sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut divian. Salah satu bentuk penyimpangan adalah penyimpangan sosial. Lalu apa itu penyimpangan sosial?

Menurut James W Van de Zanden, penyimpangan sosial adalah perilaku yang oleh sebagian besar orang, dianggap tercela dan di luar batas toleransi. Berikut beberapa pernyebab perilaku menyimpang: 1. Perbedaan status (kesenjangan sosial) yang terjadi antara si kaya dan si miskin.

Perbedaan status tersebut menyebabkan timbulnya rasa iri dan dengki. 2. Banyaknya pemuda putus sekolah dan pengangguran. 3. Kebutuhan ekonomi untuk serba berkecukupan , tanpa harus bersusah payah bekerja.

4. Keluarga yang berantakan (broken home) dapat menyebabkan adanya penyimpangan sosial. 5. Pengaruh media massa 1. Penyimpangan primer

Ciri ciri penyimpangan primer: Hanya bersifat sementara Gaya hidup tidak didominasi oleh perilaku menyimpang

Masih dapat diterima secara sosial 2. Penyimpangan sekunder Ciri ciri penyimpangan sekunder:

Masyarakat tidak bisa menerima individu semacam itu Masyarakat umum telah mengetahuinya Gaya hidupnya didominasi oleh perilaku menyimpangan

3. Penyimpangan individu Ciri ciri penyimpangan individu: Bertindak sendirian

Tidak merencanakan penyimpangan dengan siapapun 4. Penyimpangan kelompok Penyimpangan kelompok merupakan kegiatan yang dilakukan kelompok secara kolektif, dengan cara yang bertentangan terhadap norma norma yang berlaku.

Contoh contoh Penyimpangan Sosial 1. Penyalahgunaan narkotika 2. Kenakalan remaja

3. Pekelahian pelajar Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.