Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia, Yanto Basna Ungkap Alasan Absen dari Skuat Garuda

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong memutuskan mencoret nama Yanto Basna dari skuat Garuda. Shin Tae yong diketahui juga mencoret Muhammad Riyandi dari skuat Timnas Indonesia, selain nama Yanto Basna. Yanto Basna dari Muhammad Riyandi tak akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

Dikutip dari laman PSSI, pihak federasi memberikan keterangan terkait pencoretan kedua nama di atas oleh Shin Tae yong. Rudolof Yanto Basna dicoret dari Timnas lantaran tidak bisa bergabung dengan Skuat Garuda pada waktu yang diinginkan. Sedangkan Muhammad Riyandi dicoret karena tengah mengalami sakit.

"Muhammad Riyandi terpaksa diganti Shin Tae yong karena sakit," tulis PSSI di laman resminya. "Untuk Yanto Basna yang bersangkutan tidak dapat bergabung dengan timnas sesuai waktu yang diinginkan Shin Tae yong," sambungnya. Teka teki yang mengiri kegagalan Yanto Basna untuk bergabung ke Timnas tepat waktu perlahan mulai terjawab.

Dikutip dari akun Instagram @idn.skill, bek berusia 25 tahun itu berbagi alasan mengapa tak bisa memenuhi panggilan tepat waktu. Menurut eks pemain Persib Bandung ini, dirinya masih belum pulih dari cedera yang diderita. Maka dari itu, ia tak mau mengambil resiko untuk bergabung dengan TC Timnas Indonesia.

"Masih belum pulih 100 persen dari cedera." "Jadi tak mau ambil resiko," ujar Yanto Basna. Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mendukung keputusan Shin Tae yong melakukan pencoretan pemain.

Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule itu memberikan wewenang spesial pada pelatih asal Korea Selatan itu untuk memilih materi pemain Timnas. "Pemain harus semangat, bekerja keras, disiplin, dan punya motivasi tinggi saat mengikuti TC bersama timnas Indonesia," ucap Iwan Bule dikutip dari laman resmi PSSI. "Kami ingin hasil yang maksimal saat menghadapi tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Vietnam, dan UEA," pungkasnya.

Diketahui, Indonesia akan menjalani tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab (UEA) yang dimulai pada 3 Juni mendatang. Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab akan menjadi negara calon lawan Evan Dimas cs dalam lawatan ke Timur Tengah. Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

AFC sebelumnya telah memilih UEA sebagai lokasi sentralisasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia untuk Grup G.

Leave a Reply

Your email address will not be published.