FAKTA Kartu Prakerja Gelombang 20: Kuota, Tips Unggah Foto KTP, hingga Daftar di www.prakerja.go.id

Manajemen resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 pada Kamis (9/9/2021). Adapun kuota yang dibuka pada Kartu Prakerja gelombang 20 sebanyak 800 ribu orang. Untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 20, masyarakat hanya perlu mendaftar di situs resmi Kartu Prakerja.

Yaitu melalui situs www.prakerja.go.id atau klik link . Sebelum mulai mendaftar, ada beberapa hal yang harus masyarakat tahu seputar fakta Kartu Prakerja Gelombang 20. Mulai jadwal, kuota, sistem seleksi, hingga tips lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 20.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 resmi dibuka pada Kamis kemarin mulai pukul 12.00 WIB. Namun belum diketahui secara persis, berapa lama pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20. Merujuk pada gelombang sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja biasanya dibuka selama empat hingga lima hari.

Biasanya, pendaftaran Kartu Prakerja ditutup pada hari Minggu. Yang perlu digarisbawahi, ini hanyalah perkiraan sehingga bisa jadi mundur atau malah maju. Sama seperti gelombang sebelumnya, Kartu Prakerja Gelombang 20 tetap menerapkan sistem kuota.

Louisa Tuhatu mengatakan, kuota Kartu Prakerja Gelombang 20 sama seperti gelombang 19, yaitu 800 ribu. "Kuota gelombang 20 sebanyak 800 ribu," kata dia. Proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang.

Jadi, bukan berdasarkan kecepatan peserta yang mendaftar. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu terburu buru dalam mendaftar Kartu Prakerja gelombang 20. Yang paling penting, isi data diri dengan benar.

"Pembukaan gelombang akan berlangsung beberapa hari, jadi tidak perlu buru buru." "Isi data diri dengan benar. Proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang mendaftar pertama," tulis akun @prakerja.go.id. Saat baru pertama kali membuat akun Kartu Prakerja, pendaftar akan diminta mengisi sejumlah data diri dan mengunggah foto KTP.

Sayangnya, sebagian besar masyarakat mengeluh susahnya mengunggah foto KTP ke situs www.prakerja.go.id. Banyak yang bertanya mengenai unggahan data diri yang tidak dapat diteruskan karena masalah foto KTP. Melalui akun Instagram nya, akun Kartu Prakerja memberikan tips agar sukses mengunggah foto KTP saat mendaftar Kartu Prakerja.

Yang perlu diperhatikan adalah sejumlah ketentuan saat mengunggah foto KTP, yaitu: KTP harus asli, bukan hasil fotokopi KTP harus atas nama kamu, bukan orang lain

KTP tidak buram KTP tidak rusak Pada saat mengambil foto, pastikan cahayanya cukup terang

Jangan menggunakan flash pada saat mengambil foto Pastikan foto e KTP yang diambil tidak terpotong Selain itu, tulis akun Kartu Prakerja, pendaftar harus mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP.

Yaitu cobalah mengganti perangkat atau ponsel yang dipakai untuk memfoto KTP. Lalu, ubah ukuran file foto di bagian setting menjadi ukuran kecil sebelum memotret KTP. Pastikan ukuran file tersebut kurang dari 2 MB.

Hasilnya, hanya butuh satu kali jepret dengan memfokuskan pada KTP, masalah unggah foto KTP bisa terselesaikan. Jadi, bagi Anda bisa meminjam HP pada teman atau saudara bila gagal memfoto KTP dengan ponsel milik sendiri. Selain itu, format hasil foto KTP adalah JPEG atau PNG.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidak semua lapisan masyarakat bisa menjadi peserta Kartu Prakerja. Ada beberapa kelompok yang tidak bisa menjadi peserta Kartu Prakerja. Kategori pertama, yakni penerima bansos lain seperti yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos), penerma bantuan subsidi upah (BSU), serta penerima program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Kategori berikutnya adalah kelompok yang termasuk dalam daftar terlarang atau blacklist. Mereka adalah penduduk yang masih menempuh pendidikan formal (NIK masih terdaftar di Dapodik), anggota TNI/Polri, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN dan BUMD. Agar lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, masyarakat harus memastikan data data yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran akun sudah sesuai dengan yang diminta.

Sehingga ketelitian saat mengisi data dan mengunggah foto sangat diperlukan selama proses daftar Kartu Prakerja. Kesalahan yang paling sering terjadi yakni keliru saat memasukan NIK. Selain itu, pendaftar juga harus memastikan nomor handphone serta email yang diinput saat mendaftar masih aktif.

Pendaftar juga sebaiknya mengerjakan soal soal di dalam tes motivasi dan tes kemampuan dasar secara bersungguh sungguh selama 25 menit. Jika sudah mencoba beberapa cara di atas dan belum berhasil, bersabar saja dan terus berusaha agar bisa lolos di gelombang berikutnya. Faktor keberuntungan atau hoki juga dianggap sangat menentukan kelolosan peserta.

Sebelum mendaftar Kartu Prakerja gelombang 20, masyarakat wajib memiliki akun di situs resmi Kartu Prakerja yaitu www.prakerja.go.id. Setelah itu, barulah melakukan pendaftaran dan mengikuti tes seleksi. Masuk ke situs www.prakerja.go.id

Pilih menu Daftar Sekarang Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru Cek email masuk dari akun Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email

Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja Verifikasi Kartu Prakerja berupa link yang dikirim ke email terdaftar setelah Anda menyelesaikan pendaftaran. Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun.

Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit. Login ke email Anda. Cek inbox, jika tidak ada email dari prakerja, silahkan cek folder Spam, biasanya email verifikasi dianggap spam.

Di Gmail, lihat di bagian menu sebelah kiri. Klik selengkapnya. Tarik ke bawah cari folder spam, lalu klik.

Jika di aplikasi Gmail HP, folder spam dapat dijumpai dengan pilih menu atau ikon garis berjajar tiga di sebelah kiri atas. Buka email dari Kartu Prakerja, kemudian tekan tombol 'Verifikasi Email Sekarang' Jika tombol tidak berfungsi, Anda dapat melakukan copy paste link yang tercantum tepat di bawah tombol ke aplikasi browser.

Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan masuk ke dashboard akun di https://dashboard.prakerja.go.id/masuk. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Anda sesuai yang tertera di KTP, lalu klik Berikutnya. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP.

Lakukan verifikasi nomor handphone. Klik Kirim. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. Klik Verifikasi.

Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke. Berikutnya, Anda wajib mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar.

Klik Mulai Tes Sekarang. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Jika setelah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.

Pilih Gelombang yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik Gabung. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang kamu. Bila sudah sesuai, klik Ya. Setelah mengisi Gelombang, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap pendaftaran Selesai. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos melalui SMS setelah penutupan Gelombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.