Kebiasaan Santap Makanan Pedas Jadi Penyebab Wasir, Mitos atau Fakta?

Wasir atau ambeien adalah penyakit yang menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktifitas. Penderitanya juga merasa tidak nyaman saat duduk. Bahkan sulit saat melakukan buang air besar (BAB). Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia ambeien atau wasir terdiri dari dua macam.

Pertama internal, yaitu di bagian dalam, bawah usus besar sebelum anus. Kedua yaitu eksternal yang berada di sekitar anus Sedang eksternal di sekitar anus. Namun pada ambien ada empat tingkatan. Pada tingkat pertama, ada pembengkakan tapi tidak ada benjolan yang keluar saat buang air besar.

Tingkat kedua ada benjolan, namun terhitung jinak. Begitu buang air besar selesai, benjolan tersebut bisa masuk sendiri. Sedangkan pada derajat ketiga, benjolan tersebut tidak bisa masuk sendiri. Namun dibantu dimasukkan dengan jari. Pada tingkat empat tidak ada upaya yang bisa dilakukan untuk memasukkan benjolan tersebut.

Dr Santi mengatakan ada beberapa faktor penyebab ambeien. Namun ada yang bilang salah satu penyebabnya karena kebiasaan makanan pedas. Menanggapi hal ini, dr Santi pun mengatakan jika makanan pedas dapat menyebabkan wasir adalah mitos. Namun, makanan pedas dapat memperparah ambeien. "Itu mitos. Tapi pada penderita ambien terjadi robekan kecil," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM, dikutip, Rabu (25/8/2021).

Karena sebelum terjadinya ambien, kotoran menjadi keras. Otomatis hal ini membuat seseorang mengejan saat akan buang air besar. Ketika terlalu besar dan keras, kotoran dapat menggores anus. Sehingga terjadi luka lecet. Lecet ini kata dr Santi dapat diperparah saat mengonsumsi makanan pedas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.